Selasa, 03 Maret 2009

Pemuda Juwono

Kecil tidak selalu berpotensi kecil, Juwana merupakan kota kecil yang mempunyai banyak potensi yang besar dan perlu segera dikembangkan. Para pemuda Juwana yang mempunyai etos kerja tinggi membuat kota ini menjadi pilihan para pebisnis dan pelaku usaha di luar daerah Juwana untuk mengembangkan usahanya. Selain itu, sumber daya alamnya yang beranekaragam serta sangat berpotensi untuk dimanfaatkan dan dikembangkan, menjadikan Juwana menjadi kota yang mempunyai kegiatan ekonomi yang tinggi.
Perikanan menjadi salah satu andalan dari Juwana karena salah satu daerah yang dialiri oleh sungai besar Silugonggo yang bermuara di Laut Jawa. Di sepanjang sungai inilah aktivitas para penduduk Juwana dilakukan, mulai dari nelayan yang memakai perahu dayung hingga kapal ikan yang berkapasitas 200 ton, dari para pemancing ikan di kali kecil hingga para petambak udang dan bandeng. Selain perikanan, industri-industri kecil juga banyak ada di Juwana, kebanyakan bergerak di industri logam kuningan, industri batik tulis, dan industri pengolahan hasil laut dan hasil perikanan.
Tetapi potensi yang teramat besar itu hanya akan "jalan tempat" bahkan mungkin bisa mandeg apabila tidak digarap dengan serius dan melibatkan oleh banyak kalangan dan aktivis. Sinergisitas sangat dibutuhkan, dari para pelajar, guru, mahasiswa, dosen, dan para masyarakat Juwana yang sudah sukses di daerah lain agar tetap mempunyai rasa dan keinginan untuk membangun Juwana, serta dukungan masyarakat sendiri sangat dibutuhkan.
Juwana akan bisa maju dan berkembang apabila masyarakatnya berkemauan untuk merubahnya. Dimulai dari setiap pribadi yang terdidik, sehingga terbentuk keluarga yang berwawasan, dari keluarga berwawasan yang berkumpul akan termbentuk lingkungan masyarakat ( RT, RW, Desa) yang berilmu, terdidik dan berwawasan untuk bersama membangun.
Impian yang besar ini, membutuhkan pemikir, perencana, pelakau, dan pengontrol yang kredibel, kapabel, aseptebel. Dan semua itu bisa dilakukan oleh PEMUDA, tentunya bukan satu pemuda tetapi sebuah tim dari pemuda yang mempunyai impian untuk membangun Juwana. Karena pemuda adalah generasi penerus, generasi pengganti, dan sebagai agen pembaharu.
Bangkitlah PEMUDA JUWONO harapan itu masih ada.

by
Sunjuwono

1 komentar:

  1. Pemuda Juwana, komunitas pemerhati seni dan budaya membuat komunitas bersama; Cah Juwana Pluralitas. ada seniman, ada seniman gagal, ada komunitas gimbal, komunitas slank, rock dsb dsb pokoke rame.
    berbagai kegiatan sudah dilakukan; lomba melukis untuk anak-anak, lomba melukis grafiti ditembok-tembok agar tidak dibuat ajang perang geng, kegiatan perhatian terhadap sungai Juwana, macem-macem deh.
    salam dari juwana, mbah nu

    BalasHapus