Kamis, 22 Desember 2016

Delivery Shop untuk Komunitas

Di Indonesia memang sangat terkenal keanekaragamannya, sehingga sering kita sebut sebagai "Kebhinekaan" namun yang terkadang terlupakan untuk diperbincangkan adalah "Ke-Tunggal ika-annya". Padahal jika "Tunggal Ika" ini bisa terwujud dengan sempurna akan menjadi sebuah "Big Power" yang sangat bisa menjadi modal pembangunan negeri ini. Namun sepertinya para kompetitor negara ini menyadari akan hal itu, sehingga banyak sekali kepentingan-kepentingan luar yang melakukan upaya agar "Tunggal Ika" ini tidak tersadari oleh bangsa yang besa ini. Saya tidak sedang membahas tentang ke-Bhineka Tunggal Ika-an, namun sisi lain jika hal itu bisa terwujud melalui komunitas-komunitas positif yang konstruktif.

Keberagaman sangat memungkinkan terjadinya komunitas-komunitas yang terbentuk secara alami karena ada kesamaan dalam berbagai hal. Komunitas yang positif akan menjadi sebuah sebuah power yang bisa merubah menuju kebaikan-kebaikan. Akhir-akhir ini seringkali kita dengar dan lihat keinginan untuk menjadi negara yang mandiri, namun apalah daya kita sendiri tidak memiliki upaya yang riil untuk mewujudkan hal itu. Setidaknya bisa mulai dari komunitas terkecil terlebih dahulu, diri, keluarga, masyarakat.

Barang kali yang akan saya sampaikan ini bisa menjadi salah satu alternatifnya, yaitu memanfaatkan komunitas masyarakat yang ada dan teknologi yang ternyata sudah menjadi sahabat kita sehari-hari yaitu smart phone.
Syarat dari terbentuknya toko yang berbasis online ini adalah,
1. Komunitas positif yang memiliki visi yang baik
2. Tempat untuk menyimpan stok barang yang dijual
3. Web online untuk menampilkan barang-barang yang dijual
4. Kurir

Dikarenakan membuat toko offline membutuhkan modal cukup besar maka ide ini adalah untuk menjawab permasalahan itu. Dengan toko online kita tidak perlu memiliki tempat jualan dipinggir jalan, yang tentunya harga beli maupun sewanya sangat mahal. Sehingga cukup kita memiliki web yang mana barang-barang yang dijual dipublikasikan di web tersebut. Dan target market kita juga sudah jelas yaitu komunitas kita sendiri dengan menjual kebutuhan sehari hari mereka. Ini sangat aplikatif untuk toko online sembako dengan komunitas yang berada dalam satu kawasan yang dekat, misalnya adalah dalam satu kecamatan yang sama.
Dan ini sangat menguntungkan jika komunitas ini juga dalam bentuk koperasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar